Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mewisuda sebanyak 1.390 mahasiswa, di GOR UMS, Kampus Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (21/12/2019). Wisuda periode II Tahun Akademik 2019/2020, terdapat 237 wisudawan berpredikat cumlaude.

“Kali ini terdapat 237 wisuda berpredikat Cumlaude. Jika ditotal seluruhnya, hingga saat ini, UMS telah meluluskan 126.527 wisudawan,” ungkap Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si saat memberikan sambutannya.

Ke 1.390 wisudawan tersebut, ungkap Rektor UMS, terdiri dari 11 wisudawan dari Program Diploma III Fisioterapi  (D-3), 1.267 wisudawan dari Program Strata I (S-1) dan 112 wisudawan Program Pascasarjana (S-2).

Rektor berpesan, agar para alumni senantiasa menjaga almamater tercinta UMS. “Ini bukan akhir dari perjuangan, tapi merupakan awal bagi kalian (wisudawan) memberikan kontribusi nyata untuk bangsa dan Negara,” tandasnya.

Pada wisuda kali ini, menurut Wakil Rektor I UMS bidang Akademik dan Kerjasama Prof. Dr. Muhammad Dai, M.Si., Apt. lulusan terbaik dengan IPK 4 adalah Iskandar Dzulkarnain dari Sekolah Pascasarjana Magister Hukum Ekonomi Syariah. Anis Purwitasari dengan IPK 3,88 dari Fakultas KIP PGSD, Dia Maenasari dengan IPK 3,83 dari Fakultas Ilmu Kesehatan Ilmu Gizi. “Kali ini wisudawan asal luar negeri adalah Alaa H Y Aljuba asal Palestina,” ungkapnya.

Saat prosesi wisuda, satu persatu wisudawan dipindahkan kucirnya yang menempel di Toga, dari sisi kiri ke sisi kanan sebagai simbolis mereka resmi menyandang gelar akademik sesuai program studinya masing-masing.